Cara Melakukan Fermentasi Biji Kakao

fermentasi biji kakao

fermentasi biji kakao

Fermentasi biji kakao ditujukan untuk mematikan lembaga biji kakao agar tidak dapat tumbuh dan untuk menimbulkan aroma yang khas cokelat. Fermentasi dilakukan di dalam suatu wadah/kotak kayu dengan tebal tumpukan biji kakao tidak boleh lebih dari 42 cm.

Untuk memperoleh fermentasi biji kakao yang sempurna dibutuhkan 5 hari, akan tetapi pada hari kedua harus melakukan pengadukan/pembalikan. Setelah itu biarkan biji dalam tempat fermentasi hingga hari kelima. Selama melakukan fermentasi, sebagian air yang terdapat dalam biji akan hilang dan aroma seperti asam cuka akan keluar dari tempat fermentasi.

Bila biji sudah difermentasi, lalu diangin-anginkan sebentar atau direndam dan dicuci sebelum dikeringkan. Perendaman memiliki pengaruh pada saat melakukan pengeringan. Selama proses merendam berlangsung, sebagian kulit biji kakao terlarut sehingga kulit bijinya lebih tipis dan rendemennya berkurang.

Dengan demikian proses pengeringan menjadi lebih cepat. Sesudah perendaman, dilakukan pencucian. Tujuan pencucian untuk mengurangi sisa-sisa pulp (selaput halus yang berlendir menyelimuti biji kakao) yang masih menempet pada biji dan mengurangi rasa asam pada biji.

Jika masih terdapat sisa-sisa pulp pada kulit biji, maka air mudah diserap biji dari udara sehingga mudah diserang jamur dan juga menghambat proses pengeringan. Tujuan pengeringan adalah untuk menurunkan kadar air biji dari 60% sampai pada kondisi di mana kandungan air dalam biji tidak dapat menurunkan kualitas biji dan biji tidak dapat ditumbuhi cendawan.

Pengeringan yang terbaik adalah dengan sinar matahari. Untuk mengeringkan biji sampai pada kadar airnya mencapai 7-8 % diperlukan waktu 2-3 hari, tergantung dari kondisi cuaca. Jika cuaca tidak memungkinkan, pengeringan dapat dilakukan dengan alat pengering buatan. Setelah itu biji kakao terfermentasi yang sudah kering siap dipasarkan.

Pencarian Artikel ini :

  • cara fermentasi kakao
  • fermentasi kakao
  • fermentasi coklat
  • kotak fermentasi kakao
  • Permentasi biji kakao
  • permentasi coklat
  • Manfaat sisa fermentasi coklat
  • manfaat air fermentasi kakao
  • proses fermentasi biji coklat
  • pengeringan biji kakao

Artikel Terkait Cara Melakukan Fermentasi Biji Kakao

3 Strategi Dalam Menaikan Harga Bagi Para Penjual

Kenaikan harga jual suatu barang memang sering dan sudah dipastikan akan terjadi. Biasanya perubahan harga tersebut dipengaruhi oleh berbagai...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>