Masalah Kedelai Di Indonesia Sudah Kronis

Kedelai Impor

Kedelai Impor

Permasalahan produksi kedelai di Indonesia sudah merupakan persoalan yang kronis. Hal tersebut dikemukakan Ir HM Romahurmuziy Ketua Komisi TV DPR RI yang membidangi pertanian, perkebunan dan kelautan.

Menurut Romahurmuziy yang akrab dipanggil Romy, pada tahun 1990 di Indonesia terdapat 1,5 juta hektare tanaman kedelai. Tetapi dalam dekade 20 tahun atau tahun 2010, tanaman kedelai di Indonesia tinggal 650 hektare. Jadi, hampir 1 juta hektare tanaman kedelai berkurang selama 20 tahun.

Menurut Romy, ada beberapa sebab terjadinya penurunan tanaman kedelai. Diantaranya ada persaingan komoditas tanaman lain seperti padi, jagung, tembakau, dan yang lainnya. Selain itu tingkat keuntungannya, jauh lebih rendah dibanding dengan harga komoditas lainnya.

Kemudian struktur harga tidak kompetitif karena adanya kedelai impor, terutama dari Amerika dan Brazil, yang mempunyai tingkat produktifitas kedelai sangat jauh lebih tinggi dari Indonesia. Di Indonesia produksi kedelai rata-rata hanya 1 sampai 1,2 ton per hektare, sementara Amerika bisa 2 sampai 2,5 ton per hektare.

Sedangkan kepemilikan lahan petani untuk tanaman kedelai di Indonesia hanya 0,3 hektare per orang, di Amerika bisa 60 sampai 80 hektare per orang. Dengan kondisi tersebut sejak beberapa tahun kebutuhan kedelai di Indonesia sekitar 80% dipasok dari Amerika dan Brazil.

Harga pun bersaing, kalau kedelai hasil pertanian di Indonesia Rp 5.500 per kg, kedelai impor asal Amerika hanya Rp 4.000 perkg. Karena saat ini di Amerika dan Brazil terjadi kekeringan dan berkurangnya tanaman kedelai yang hasilnya dipasok ke Indonesia, maka sekarang Indonesia kekurangan kedelai dan harganyapun terus melejit.

Pencarian Artikel ini :

  • kendala penanaman kedelai di indonesia
  • permasalahan ekonomi kedelai

Artikel Terkait Masalah Kedelai Di Indonesia Sudah Kronis

3 Strategi Dalam Menaikan Harga Bagi Para Penjual

Kenaikan harga jual suatu barang memang sering dan sudah dipastikan akan terjadi. Biasanya perubahan harga tersebut dipengaruhi oleh berbagai...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>