Faktor Penghambat Investasi Dalam Hubungan Industrial

Faktor-faktor yang dapat menghambat investasi saat ini adalah pengusaha sering memosisikan buruh bukan bagian dari keluarga besar perusahaan. Hal itulah yang menyebabkan sering terjadinya konflik antara pengusahan dan buruh di dalam hubungan industrial. Bahkan banyak pengusaha yang menganggap buruh sebagai lawan atu musuhnya.

Hal ini mengakibatkan para buruh melakukan hal yang sama terhadap sikap dari para pengusaha tersebut. Hubungan industrial selalu dalam keadaan yang tidak kondusif dan penuh dengan prasangka yang buruk. Selain itu, banyaknya usaha pengusaha untuk mengurangi hak-hak dan nilai yang dimiliki oleh para buruh.

Para pengusaha melanggar ketetapan yang ada dalam peraturan perundang-undangan atau menyalahgunakan aturan
ketenagakerjaan. Para pengusaha juga membatasi pendirian serikat pekerja. Padahal, seharusnya pengusaha diperbolehkan untuk berorganisasi dan tidak dihalangi oleh para buruh. Disamping itu para buruh pun dalam bekerja sering tidak sungguh-sungguh. Inilah pentingnya aspek spiritual baik bagi pengusaha maupun bagi buruh dalam konteks hubungan industrial.

Solusi dari perselisihan atau perbedaan kepentingan antara pengusaha dan para buruh jika hanya mengacu pada hak normatif positif tentu sampai kapan pun, tidak pernah akan pernah selesai. Hal tersebut dikarenakan, antara pengusaha dan buruh sering memiliki kepentingan yang berlainan, bahkan berbanding terbalik.

Bekerja untuk mencari nafkah tidak bisa diartikan hanya sebagai untuk bertahan hidup di dunia saja. Melainkan sebagai salah satu bentuk ibadah. Dalam hal ini, baik pengusaha maupun buruh harus mendahulukan sifat menghargai dan memahami dalam setiap memahami situasi yang sering berdampak pada perselisihan pendapat atau pertentangan kepentingan.

Salah satu hak dan nilai yang sering dilanggar pengusaha adalah upah buruh. Berbagai pelanggaran terhadap hak upah buruh, misalnya keterlambatan dalam membayarkan upah buruh, membayar upah buruh dengan upah yang minimum, dan juga memberhentikan para buruh tanpa mendapatkan uang pesangon. Hal tersebut tentu dilarang oleh ajaran agama.

Pengusaha yang tidak mampu membayar upah buruh bukan karena upah buruh terlalu tinggi, tetapi karena pengusaha ingin memperoleh laba yang berlipat kali ganda dengan cara mengambil sebesar-besarnya hak buruh.

Selain permasalahan itu, faktor lain yang menghambat investasi yang lebih berpengaruh daripada permasalahan perburuhan, antara lain, buruknya infrastruktur, sukarnya perpajakan, birokrasi perizinan yang dikorupsi, serta ketidakpastian hukum.

Pencarian Artikel ini :

  • faktor penyebab hubungan industrial tidak kondusif
  • faktor yang menyebabkan hubungan industri tidak kondusif
  • faktor-faktor penghambat investasi

Artikel Terkait Faktor Penghambat Investasi Dalam Hubungan Industrial

Perusahaan Telekomunikasi Indosat Akan Gunakan Satelit Palapa-E

Perusahaan telekomunikasi Indosat sepertinya akan segera meluncurkan satelit Palapa-E yang akan mengorbit di tahun 2016. Untuk itu perusahaan ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>